Ribuan Jamaah Hadiri Haul Syekh Abdul Qadir Al Jailani di Kuala Tungkal

0
282

Tanjab Barat, viraljambi.com – Acara haul Syekh Abdul Qadir Al Jailani yang rutin diselenggarakan setiap tahun di Pondok Pesantren Al Baqiatush Shalehat Kuala Tungkal selalu ramai dihadiri oleh jamaah yang datang.

Pada tahun ini, Rabu (19/12), massa jamaah yang hadir tumpah ruah memadati tempat dimana acara dilaksanakan.

Jamaah bukan saja masyarakat Kuala Tungkal sendiri, namun jamaah datang dari berbagai pelosok Tanjab Barat dan luar daerah Kabupaten, bahkan ada dari negara tetangga sekalipun.

Rangkaian acara Haul Syekh Abdul Qadir Al Jeilani sebenarnya sudah dimulai dari sejak Selasa malam di Masjid Agung Al-Istiqomah dengan pengajian, tausyiah dan juga zikir hingga subuh.

Dari pantauan bacajambi.com, sejak setelah sholat subuh, jamaah yang terkonsentrasi dari masjid Agung Al-Istiqamah sudah mulai berbondong-bondong menuju Pesantren Al Baqiatush Shalehat yang merupakan tempat diselenggarakannya puncak acara haul, yang jaraknya kurang lebih 4 kilometer dari pusat kota Kuala Tungkal.

Ketua Panitia Haul, Drs. Anwar Sadat, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, ditengah kondisi ekonomi masyarakat yang sedang lesu akibat rendahnya nilai jual komoditi pertanian, dengan motivasi dan semangat kebersamaan bahu membahu syukur Alhamdulillah kegiatan haul ini dapat kita dilaksanakan berkat bantuan dari semua lapisan masyarakat dan berbagai pihak.

Disampaikannya juga, dengan diselenggarakannya haul Syekh Abdul Qadir Al Jailani ini, dari jamaah yang datang juga memberikan berkah kepada masyarakat baik itu bagi pedagang, ojek, becak, hotel, speedboat maupun pompong, ungkap Anwar Sadat.

Menariknya, dalam penyelenggaraan haul ini, segala bantuan tidak hanya datang dari masyarakat muslim sendiri, akan tetapi juga datang dari warga yang beragama lain.

Bahkan rumah ibadah kelenteng yang berada didekat lokasi acara sengaja memberikan tempat parkir kendaraan bagi para jamaah, sebuah pemandangan yang luar biasa, ungkapnya.

Tampak hadir, Wakil Bupati H Amir Sakib, Wakapolres Tanjab Barat Kompol. Hendri Agus Batubara, Anggota DPR RI H. Bakri, DPD RI Abu Bakar Jamalia, Usman Ermulan dan  Al Habib Quraisy Bahrun sebagai penceramah pengisi tausyiah. (Ame)

LEAVE A REPLY