Kabut Asap Selimuti Kota Sungai Penuh

0
175

Viraljambi.com, SUNGAI PENUH- Akibat dari pembakaran lahan yang terjadi dibeberapa daerah diSumatera, Kota Sungai Penuh tak luput dari dampak pembakaran lahan tersebut. Akibatnya beberapa hari terakhir, kabut asap terlihat pekat di Kota Sungai Penuh yang menyebabkan terjadinya pencemaran udara serta membatasi jarak pandang. Sungguhpun demikian masyarakat kota sungai penuh tetap menjalankan aktivitas dan rutinitasnya sebagaimana biasanya.

Berdasarkan pantauan viraljambi.com di beberapa tempat dan sekolah yang ada dikota sungai penuh, masyarakat tetap beraktivitas sebagaimana biasanya dan para siswa mulai dari SD sampai SMA tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolahnya masing2.
Untuk mencegah timbulnya penyakit pernapasan akibat dari kabut asap ini, hanya sebagian siswa yang mengenakan masker dan itupun di beli dari apotik terdekat secara pribadi. Salah seorang siswa SMPN 8 yang kami hubungi kepada viraljambi.com mengatakan bahwa dia serta dengan rekannya yang lain belum mendapatkan pembagian/jatah masker untuk mencegah timbulnya penyakit pernapasan baik itu dari sekolah, Puskesmas, Maupun dari Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh. Jadi, kami hanya beli sendiri dengan uang saku yang diberikan oleh orang tua, ungkapnya.
Hal ini juga terlihat di beberapa Sekolah Dasar yang ada dikota sungai penuh, hanya sebagian murid yang mengenakan masker karena tidak adanya pembagian masker baik itu dari Puskesmas, Dinas Kesehatan maupun dari Pemkot Sungai Penuh.

Salah seorang guru Sekolah dasar di Kota Sungai Penuh juga menyampaikan hal yang sama, mereka tidak mendapatkan masker gratis dari pemerintah kota maupun dari dinas kesehatan, ataupun dari puskesmas. Kalaupun mau memakai masker terpaksa beli sendiri, cuma kasian dengan para murid takutnya nanti kalau terus terusan begini juga bisa sesak napas apalagi, hal ini terus berlanjut dan bertambah parah, bisa berbahaya buat kesehatan mereka, Jadi kami sangat mengharapkan bantuan dari pihak pihak terkait yang ada dikota sungai penuh agar dapat membagikan bantuan masker bukan hanya untuk murid sekolah, tetapi juga buat masyarakat agar terhindar dari penyakit pernapasan, batuk, atau ISPA, Ungkapnya.

( Woe )

LEAVE A REPLY