Bupati Batanghari Anggarkan Ratusan Juta Untuk Penangkap Pelaku Karhutla

0
188

Viraljambi.com, BATANGHARI- Kondisi alam yang sudah tidak seimbang lagi dan terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kabupaten Batanghari membuat Bupati marah,dan bahkan orang nomor satu di batanghari ini akan memberikan hadiah atau bonus kepada siapa saja yang bisa menangkap pelaku karhutla tersebut.

Bupati Batanghari Ir Syahirsah SY saat di konfirmasi membenarkan bahwa pemerintah akan memberikan bonus kepada siapa saja yang bisa menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan. ” Kalau dirinya ASN maka akan mendapatkan jabatan, kalau dia PTT maka kontrak kerja akan di perpanjang, kalau dia masyarakat biasa maka anaknya akan di berikan beasiswa selama sekolah,” tegasnya.

Dikatakan Syahirsah untuk besaran anggaran sendiri masih dalam tahap pembahasan, namun instruksi ini berlaku bagi siapa saja yang bisa menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan di batanghari. ” saya sudah koordinasi dengan pihak keuangan, dana berkisar ratusan juta rupiah, dana ini bersumber APBD,” kata Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan lagi sebab saat ini Batanghari sudah di selimuti kabut asap dan dalam kategori berbahaya. ” Karena kondisi kabut berbahaya maka sekolah juga di liburkan, dan saat ini masih menunggu keadaan kabut asap,” imbuhnya.

Orang nomor satu di batanghari ini juga menyampaikan bahwa jika ada pasien yang terkena dampak kabut asap maka tidak di pungut biaya atau gratis. ” masyarakat yang terkena dampak kabut asap ini tidak boleh di pungut biaya apapaun, walaupun tidak ada kartu untuk berobat,” ucapnya.

Bupati juga menyebutkan jika dalam pengobatan yang terkena dampak kabut asap tidak perlu kaya atau miskin, yang jelas semua yang terkena dampak kabut asap gratis. ” Semua kita perlakuan sama, gratis semua dan tidak ada perbedaan,” tutupnya. ( Erik )

LEAVE A REPLY