Kejari Batanghari Serahkan Uang Hasil Korupsi DD 300 Juta Lebih

0
297

Viraljambi.com, BATANGHARI- Kejaksaan Negeri Batanghari mengembalikan uang negara hasil tindak pidana korupsi Dana Desa yang dilakukan oleh mantan Kepala Desa Matagual sebesar Rp 324.610.323 juta melalui Pemerintah Matagual kecamatan Batin XXIV.

“Kami menyerahkan Barang Bukti hasil tindak pidana korupsi penyelewengan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, berupa uang dengan jumlah Rp 324.610.323 kepada inspektorat kabupaten Batanghari,” kata Kejari Batanghari ,Mia banulita, Kepada Awak Media, Kamis (24/10/2019).

Penyerahan barang bukti tersebut dilakukan di kantor kejaksaan negeri kepada kepala inspektorat kabupaten Batanghari Muklis, SE, MM yang disaksikan kasi pidana khusus (PIDSUS) M. Ichsan dan kasi intel M. Bayanullah dan beberapa awak media.

Kepala kejaksaan Negeri Batanghari, juga mengatakan, penyelidikan ini berdasarkan laporan masyarakat yang mengatakan adanya penyimpangan Dana Desa yang dilakukan oleh Kepala Desa Mata Gual dan sehingga kejaksaan Batanghari melakukan audit ditemukan pekerjaan di tahun anggaran 2019 yang belum dilaksanakan.

” Temuan ini berdasarkan laporan dari masyarakat yang mengatakan adanya penyimpangan dana yang dilakukan mantan Kepala Desa Mata Gual,” jelas Mia kepada awak media.

Kejari Batanghari juga menjelaskan, kenapa menerima pengembalian uang hasil korupsi yang dilakukan mantan kades tersebut mengingat uang yang digelapkan tersebut adalah anggaran berjalan dan jika kita proses akan menghambat proses pembangunan di Desa mata gual dikarenakan anggaran berjalan dan jika diproses secara hukum akan berdampak kepada pembangunan di Desa Mata Gual.

” jadi alasan kami menerima pengembalian uang korupsi tersebut dan tidak melanjutkan tindakan secara hukum karena dana tersebut adalah anggatan berjalan,” Tutupnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Batanghari Muchlis mengatakan bahwa pengembalian uang hasil korupsi yang dilakukan oleh mantan kepala desa matagual adalah hasil terbesar yang diterima inspektorat.

” Pengembalian dana ini adalah rekor baru bagi Inspektorat,” papar Muklis.

Setelah melakukan Konfrensi Pers pihak kejaksaan dan inspektorat langsung menuju Bank 9 Jambi untuk di kembalikan ke Rekening Desa Mata Gual

 

(Erik)

LEAVE A REPLY