Hati-hati Berbelanja di Mini Market, Lihat Tanggal Kadaluwarsanya

0
213

Viraljambi.com, SUNGAIPENUH-16/1/2020- Menjamurnya mini market di kota Sungai Penuh, tentunya akan mempermudah bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli Karena di mini market, para calon pembeli tidak bersusah payah lagi mencari kebutuhan sehari hari, boleh dikatakan semuanya hampir tersedia di mini market.

Salah satu contoh mini market ATHAYA yang terletak dijalan H. A Thalib kota sungai penuh, namun sangat disayangkan, pihak pengelola kurang memperhatikan tanggal kadaluwarsa baik itu minuman atau makanan yang akan di jual.
Hal ini saya alami langsung. Dimana saat membeli salah satu minuman dengan merk YAMACOCO air kelapa, karena tergesa gesa, saya tidak memperhatikan tanggal kadaluwarsanya/Expired date, namun untunglah sesampai dirumah oleh rekan saya disuruh untuk mengecek kembali tanggal kadaluwarsanya sebelum saya mengkomsumsi minuman tersebut. Ternyata memang memang benar, minuman tersebut sudah melewati batas waktu berlakunya dan tidak layak untuk dikomsumsi lagi.
Menanggapi hal ini, sebagai pembeli/konsumen, jelas saya merasa dirugikan dengan adanya penjualan minuman yang sudah tidak layak untuk di komsumsi karena akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan yang bisa saja menyebabkan keracunan. Jadi menanggapi hal ini, saya menghubungi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Sungai Penuh guna untuk melaporkan kejadian yang saya alami sambil memperlihatkan tanda bukti pembelian.
Oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Sungai Penuh, saya disuruh untuk menulis laporan agar hal ini dapat ditindaklanjuti. Setelah saya menyerahkan laporan tentang minuman yang sudah kadaluwarsa yang dalam hal ini diterima langsung oleh Kabid Perdagangan Armaizal, setelah beliau menerima laporan dari saya, beliau dengan beberapa stafnya langsung menuju ke ATHAYA untuk mengecek langsung. Setelah itu, saya menerima laporan dari beliau kalau minuman tersebut sudah tidak dipajang lagi. Memang sebelumnya saya sempat komplein dengan pihak ATHAYA dan saya melihat langsung mereka memasukkan kedalam kardus minuman yang sudah kadaluwarsa tersebut. Bahkan beberapa kali kami menghubungi pemilik mini market ATHAYA via Henphone, Namun tidak diangkat.

Dalam hal ini saya ingin tindakan apa yang diambil oleh dinas terkait terhadap pemilik mini market, bukan sekedar melihat atau mengecek, buktinya barang tersebut sudah tidak ada lagi.
Kepada saya, Kabid Perdagangan menyampaikan kalau untuk menindaklanjutinya yang lebih dalam lagi itu melibatkan BPOM, DINKES, KEPOLISIAN dan juga melibatkan pihak lain di tingkat Provinsi andai kata sudah ada korbannya. jadi tugas kami disini ada batasannya. Ungkapnya.
Menangapi apa yang telah disampaikan oleh Kabid Perdagangan tersebut, saya dapat memakluminya.
Namun melalui media viraljambi.com saya menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati hati dan bijak apabila berbelanja baik itu di mini market atau diwarung terdekat agar kejadian yang saya alami tidak terulang lagi.

( WoE )

LEAVE A REPLY