Maju Pada Pilkada 2020, Sekda Batanghari Dinilai Langgar Netralitas ASN

0
332

Viraljambi.com_BATANGHARI- Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto sudah mewanti-wanti kepada ASN atau PNS untuk tidak terlibat politik praktis karena mereka dituntut untuk profesional agar lebih konsentrasi dalam bekerja, seperti halnya di Kabupaten Batanghari karena hingga saat ini, Sekretaris Daerah Batanghari H. Bakhtiar, Sp. masih aktif menjabat sebagai Sekda. Namun langkah pejabat tinggi ASN ini sepertinya sudah jauh karena bakal mencalonkan sebagai Wakil Bupati Batanghari, dan ini kerap menjadi sorotan dikalangan masyarakat kabupaten Batanghari. Masalahnya, Sekda saat ini diduga telah melanggar asas Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Seyogyanya, seorang ASN harus menerapkan asas netralitas, yaitu tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Apalagi dalam konteks terlibat dalam partai politik. Larangan ASN berpolitik telah dituangkan dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara. Disebutkan didalamnya, ASN dilarang menjadi anggota atau pengurus partai politik. Jika ada ASN yang menjadi anggota atau pengurus partai politik, maka akan diberhentikan tidak dengan hormat.

Larangan ini juga berlaku bagi CPNS, dimana CPNS akan diberhentikan dengan hormat bila menjadi anggota atau pengurus partai politik.

Terkait dengan adanya sejumlah Baliho Sekda Batanghari Bahtiar Sp, yang terpajang dikawasan kota Muarabulian, Indra Tritusian selaku ketua Bawaslu Batanghari saat dikonfirmasi diruang kerjanya Kamis (4/6/2020) mengatakan bahwa, menurut pandangan Bawaslu, Sekda Batanghari Bahtiar Sp, telah melanggar asas Netralitas ASN.

“Iya, menurut pandangan Bawaslu Sekda Batanghari Bahtiar Sp, telah melanggar aturan netralitas ASN. Beliau kan masih aktif saat ini. Namun ada sejumlah Baliho telah dipasang, itu yang tidak boleh dan telah dilanggarnya,”kata ketua Bawaslu Batanghari Indra Tritusian.

Selain baliho telah terpajang, di dunia maya juga sudah beredar photo Sekda Batanghari Bahtiar Sp, yang di posting beberapa akun dan di sejumlah group facebook yang mengarah pada Pilkada kabupaten Batanghari mendatang .(Redaksi)

LEAVE A REPLY