Fraksi PAN DPRD Muaro Jambi akan Usulkan Damkar Gabung ke BPBD

0
33

Reporter: Jeki Santoso

 

Viraljambi.com_MUAROJAMBI- Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengusulkan kepada premerintah Kabupaten Muarojambi agar pemadam kebakaran bergabung dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Muaro Jambi.

Pasalnya, Fraksi PAN menilai penggabungan damkar ke BPBD tersebut bisa lebih efektif dan anggarannya juga lebih efisien.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi PAN Ulil Amri selain efektifitas penggabungan tersebut dinilai akan membawa dampak positif terhadap anggaran operasional pemadam kebakaran itu sendiri.

“Karena lebih efisien maka kita rencanakan usulan penggabungan kedua institusi pemerintah tersebut akan disampaikan pada tahun depan, “jelas Ulil pada Kamis (8/10/2020).

Ia juga mengatakan kondisi Geografis dan Demografi maka Muaro jambi ini memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap terjadinya bencana, baik disebabkan faktor alam, nonalam maupun faktor manusia.

Salah satu bencana yang paling rawan terjadi adalah bencana kebakaran namun, saat ini penanganan bencana kebakaran melekat pada Dinas satpol PP dan pemadaman kebakaran sehingga pelaksanaannya berjalan masih kurang efektif.

“Untuk itu menjamin efektivitas pelaksanaan fungsi penanganan bencana kebakaran harus diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, karena BPBD adalah penyelengara pemerintah di bidang penanggulangan bencana, “tutupnya.

Ulil menambahkan kinerja BPBD juga sudah teruji dalam mengatasi bencana kebakaran yang terjadi di Muaro Jambi dengan dilebur menjadi satu bagian mampu bekerja dengan sigap lagi untuk mengatasi bencana tersebut.

LEAVE A REPLY