Rehab Ruang Wabup Batanghari Dinilai Langkahi Perpres

0
786

 

Viraljambi.com_BATANGHARI- Pelaksanaan rehab ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Batanghari dan akan dijadikan sebagai ruang baru Wakil Bupati Batanghari H. Baktiar, SP dinilai Langkahi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018.

Berdasarkan pasal 22 Perpres No. 16 Tahun 2018 yang mengatur waktu Recana Umum Pengadaan (RUP) dilakukan setelah ada penetapan alokasi anggaran belanja untuk Kementerian/Lembaga, sedangkan pengumuman RUP Perangkat Daerah dilakukan setelah rancangan Perda APBD disetujui, artinya Pokja Pemilihan, dalam hal ini Pengguna Anggaran (PA) harus segera mengumumkan perencanaan pelaksanaan pemilihan Penyedia Barang/Jasa yang dimuat dalam RUP, pengumuman RUP yang dimaksud adalah melalui Aplikasi Sistem Informasi Rencana Pengumuman Pengadaan (SIRUP).

Kabar yang diterima, pengerjaan rehab ruangan tersebut sudah dikerjakan, namun Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) kegiatan belum ditanda tangan secara Resmi oleh Pengguna Anggaran (PA) yakni Pj. Sekretaris Daerah Mulawarmansyah dan bahkan belum diumumkan pada Aplikasi SIRUP.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, rehab ruangan wabup diperkirakan Rp168 juta melalui dana APBD 2021. Untuk diketahui, pada DPA 2020 tidak tercantum rehab ruang Wabup tersebut. Namun karena pergeseran anggaran, kabarnya masuk dalam DPA 2021.

Dari rilis berita Sinarjambi.com, Plt Kabag Umum M. Isa saat dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (10/3/2021) membenarkan bahwa saat ini sedang ada pengerjaan rehab ruang Wabup.

“Iya, sekarang sedang dikerjakan rehabnya. Sebelumnya untuk ruangan Sekda, namun atas permintaan Wabup, ruanganTersebut dijadikan ruangan Wakil Bupati berdampingan dengan ruangan pak Bupati M Fadhil Arief,”kata M Isa.

Saat ditanyakan mengapa kegiatan sudah dikerjakan namun DPA kegiatan belum ditanda tangan? M. Isa mengaku tidak tahu tentang itu.

“Yang jelas saya hanya menjalankan perintah. Sebelumnya sudah koordinasi dengan Pak Pj Sekda, kemudian Pj Sekda koordinasi dengan Wabup. Karena ada perintah dari atasan maka kami kerjakanlah,”ujarnya.

Untuk anggaran Konsultan Perencanaan sekitar Rp.17 juta dan Konsultan Pengawas Rp.23.500.000-, Namun Konsultan Pengawasnya belum ada serta Untuk Perusahaan Konsultan Perencanaan saya tidak tahu.”Terangnya

Tambahnya, Plt.Kabag Umum Setda Kantor Bupati Batang Hari.”Yang mengerjakan Rehab ruangan untuk Wabup tersebut, H. Hendro,Tapi nama CV. yang digunakan saya tidak tahu.”Tutupnya.¬†(Redaksi)

LEAVE A REPLY