Jumat, 19 Juli 2024

Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, Pemkab Batanghari Gelar Bimtek

 


 Viraljambi.com- BATANGHARI-Dalam rangka Meningkatkan Kapasitas dan Desa Mandiri Pemeritah Kabupaten Batanghari menggelar Bimbingan Teknis Sinergi BUMDes dengan UMKM dalam Membangun Desa Mandiri Kepala Desa serta BPD se Kabupaten Batanghari. 

Kegiatan bimbingan teknis ini diikut oleh sejumlah kepala desa (Kades) dan Badan Pengawas Desa (BPD), dalam wilayah kabupaten Batanghari. Bimtek yang digelar pada Jumat,(19/7/2024) di Aula gedung wisma PKK kabupaten Batanghari di ikuti sejumlah Kades dan BPD yang ada di empat wilayah kecamatan, masing masing Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kecamatan Mersam serta sebahagian Kades dan BPD dalam wilayah Kecamatan Pemayung.

Wakil Bupati Batang Hari H. Bakhtiar, SP membuka secara resmi Bimbingan Teknis Kepala Desa Beserta BPD Se-Kabupaten Batang Hari. Jum'at (19/07/24).

Wakil Bupati H.Bakhtiar dalam arahannya menyampaikan dalam pengelolaan BUMDES agar betul betul dapat di kelolah dengan baik, secara profesional menjadikan desa tersebut dapat mandiri serta sistim pengelolaan dapat pula menjadikan desa yang berekonomi mandiri baik ekonomi,transportasi, pendidikan yang menyangkut dengan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di desa masing masing.

Dengan Tema Sinergi Bumdes Dengan UMKM Dalam Membangun Desa Mandiri. Wabup menyampaikan Kegiatan Bimbingan Teknis ini agar diikuti dengan baik oleh Kepala Desa dan Ketua BPD untuk memahami tugas dan kewajibannya terhadap pengelolaan penataan Anggaran dengan baik. Wabup berharap UMKM yang dikelola Bumdes yang ada Di Desa agar dibina oleh OPD Terkait yang mana nanti akan terkoordinir kegiatannya. Kepala Desa dan Ketua BPD untuk selalu saling berkomunikasi demi menuju Desa Mandiri yang diinginkan.

” Kadis PMD Batanghari melalui Sekretaris Ichwan memaparkan Bimtek kali ini bertujuan dalam penguatan integritas Kepala desa dan BPD, disamping itu apa yang didapat dalam kegiatan Bimtek ini nantinya dapat di implementasikan di tengah tengah masyarakat.” Terang Ichsan

Ichwan juga turut berharap agar kepala desa dan BPD dapat bekerja dengan secara beriringan dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa maupun Dana Desa 

Turut Hadir Kasi Intel Kejaksaan Negeri Batang Hari Rudi Firmansyah, Sekdis PMD Batang Hari Ichwan, S.STP dan para undangan lainnya. (*)