Minggu, 14 Juli 2024

PLN Muara Bulian Ajak Masyarakat Batanghari Menggunakan Kendaraan Listrik sebagai Implementasi ESG

Viraljambi.com- BATANGHARI- PT PLN (Persero) terus agresif dalam hal meningkatkan tata kelola risiko sustainability di sektor ketenagalistrikan berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG). 


Di tahun 2024, PLN juga terus membangun ekosistem kendaraan listrik dengan menyuplai listrik untuk 1.081 unit SPKLU. Sampai saat ini, SPKLU yang dioperasikan oleh PLN sendiri mencapai 624 unit yang tersebar pada 427 lokasi di seluruh Indonesia. 


Kendaraan motor berbahan bakar BBM menjadi salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK) terbesar dari sektor transportasi pada 2022.Temuan tersebut didapatkan dari hasil studi lembaga think tank Institute for Essential Services Reform (IESR), Indonesia Energy Transition Outlook 2024. 


Dari jumlah tersebut, sepeda motor menyumbang 36,1 persen atau sekitar 54,1 juta ton karbon dioksida ekuivalen dari total emisi. Tingginya kontribusi emisi sepeda motor tersebut memiliki korelasi dengan jumlahnya, di mana 85 persen kendaraan bermotor di Indonesia yang teregistrasi adalah sepeda motor

Dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin maju PLN mendukung Program Konversi Sepeda Motor Listrik yang digagas pemerintah sebagai upaya akselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dalam menekan polusi akibat emisi kendaraan bermotor. 


PLN ULP Muara Bulian mengajak masyarakat untuk mengguankan kendaraan lisrtik. “Rama” salah satu pengguan motor listrik sudah sejak lama menggunakan motor listrik sebagai transportasi utama. Ia mengakui sejak menggunakan motor listrik, oprasional lebih ekonomis dan perawatan juga lebih gampang.


”Motor listrik lebih nyaman digunakan, perawatan lebih gampang, lebih irit, dan gak perlu kalau mau isi bahan bakar ke SPBU. Satu kali isi daya bisa menempuh jarak 60 km, dan itu sangatlah cukup untuk dipakai sehari-hari, belum pernah saya menggunakan molis habis daya di jalanan" ujarnya


Disamping itu PLN ULP Muara Bulian juga menyediakan stasion charging bagi pengendara sepeda Motor listrik di Kantor PLN ULP Muara Bulian.


 Bagi pengguna kedaraan listrik bisa melakukan pengisian baterai di stasion charging di Kantor PLN ULP Muara Bulian. “zera Fitrizon”, dengan menyediakan Station carging PLN ULP Muara Bulian juga turut serta dalam membantu pengunaan sepeda motor listrik dalam pengisian daya kendaraan listriknya. Disamping itu PLN juga terus menyediakan pasokan dan infrastruktur listrik handal sehingga para pengguna kendaraan listrik (motor listrik) lain bisa mengisi daya dengan mudah. (*)